Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak! Inilah Ciri-ciri Toxic Friends yang Dapat Merusak Mental Kita

Ilustrasi hubungan toxic friend (sumber : Antoni Shkraba by Pexels)

Ciri-ciri toxic friends- Tidak semua teman yang kita miliki itu selamanya baik. Terkadang ada sebagian dari mereka yang ternyata malah menjadi teman yang toxic untuk kehidupan kita. 

Sehingga kita perlu berhati-hati karena teman yang seperti itu dapat merusak mental secara tidak langsung. 

Oleh karena itu untuk mengidentifikasikannya, kita perlu tahu dan memahami bagaimana sih ciri-ciri     yang termasuk toxic friends dan dapat merusak mental itu?

Namun, sebelum itu perlu nih kita mengulas terlebih dahulu toxic friends itu apa sih?

Toxic Friends merupakan segala sesuatu yang dapat memberikan pengaruh yang buruk untuk diri kita melalui teman kita sendiri. 

Singkatnya, hal tersebut dapat merugikan dan menyusahkan orang lain yang ada disekitarkan melalui hal negatif yang mereka sebarkan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Banyak dari kita yang seringkali tidak menyadari bahwa mereka terjebak dalam hubungan yang toxic tersebut. Itulah mengapa artikel ini dibuat untuk pengetahuan dan memahami hal ini. 

Sehingga nantinya kita dapat mengetahui apakah kita terjebak dalam hubungan yang toxic atau bagaimana cara untuk menghadapinya.

Agar lebih jelas, berikut adalah ciri-ciri Toxic Friends yang dapat merusak mental kita:

1. Jugmental

Jugmental disini artinya seringkali mereka bersikap kurang berempati yang pada akirnya mereka mudah untuk mengejudge apa yang kita alami. Sehingga hal yang kita lakukan atau tentang kita pun selalu saja salah dan kurang bagi mereka. Akibatnya kita sering merasa serba salah.

2. Mendominasi

Maksudnya hampir semua yang kita lakukan itu sering diatur oleh mereka dan harus menyesuaikan dengan apa yang mereka mau. Akibatnya semua keputusan yang kita ambil dituntut untuk mengikuti kemauannya. Dan mereka juga seringkali memaksa dalam hal apapun.

3. Menghambat Perkembangan

Menghambat perkembangan ini dapat diartikan seperti mereka yang membawa kepada hal-hal negatif secara langsung. 

Misalnya, mereka yang mengajak kita untuk membuang-buang waktu dengan hal yang kurang bermanfaat atau bahkan tidak ada manfaatnya sama sekali, melanggar peraturan, tidak disiplin dan hal negatif lainnya. 

Dimana akhirnya yang harusnya kita dapat berbuat baik atau melakukan hal positif malah tidak jadi dan perkembangan dalam diri kita pun bisa saja terhambat.

4. Suka Nyinyir

Mereka yang menjadi golongan orang suka nyinyir terkadang menjadi wujud nyata atas iri dengki karena pencapaian kita atau apa yang dimiliki kita maupun orang lain. 

Tak jarang pula mereka juga sering merendahkan pencapaian yang kita peroleh. Mereka juga bisa menganggap bahwa kita tidak setia kawan jika tidak melakukan sesuatu hal tanpa dirinya.

Itulah beberapa ciri Toxic Friends yang bisa onebizz tulis. Jika suatu saat nanti atau sedang

merasakan ciri-ciri tersebut dalam diri teman kita, saudara ataupun tetangga kita perlu mengambil langkah untuk menghadapi dan mensiasatinya yaitu dengan mencoba untuk bersikap tegas dan jangan mau untuk dimanipulasi.

Kita perlu berani untuk menolak atau mengatakan tidak jika tidak sesuai dengan keinginan kita. 

Semoga Bermanfaat.


Alive
Alive Alive, seorang yang ingin mengexplore banyak hal...

Posting Komentar untuk " Simak! Inilah Ciri-ciri Toxic Friends yang Dapat Merusak Mental Kita"