Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kebiasaan Yang Dapat Membuat Hidup Menjadi Lebih Baik


sumber. pixabay


1.   Membiasakan Diri Bangun Pagi

Semakin dewasa kita dihadapkan pada berbagai realita kehidupan yang ada disekitar. Tidak menampik bahwa setiap hari, bulan dan tahun semua mengalami perubahan dari waktu ke waktu.  Dengan demikian, problematika yang muncul adalah bagaimana diri kita dalam menyikapi dan menghadapi arah perubahan itu sendiri. Sehingga kita harus mempersiapakan diri dengan melakukan perbaikan dan peningkatan diri sendiri. Salah satunya adalah dengan mengubah kebiasaan positif dalam hidup.

Memang benar melakukan sebuah kebiasaan positif bukanlah hal yang mudah. Namun, kebiasaan kecil yang positif ini akan membawa sebuah perubahan besar bagi kehidupanmu. Meskipun, seseorang kerap kali menganggap sepele hal-hal kecil ini karena dinilai tidak memiliki arti.  Kebiasaan positif akan membawa kita pada hal yang positif juga hasilnya akan kita tuai di kemudian hari. Lalu, kebiasaan apa saja yang akan membuat hidup menjadi lebih baik? Yuk simak artikelnya di onebizz  sampai akhir.



Rutinitas bangun pagi lebih awal bagi sebagian orang mungkin bukanlah hal yang mudah. Namun, siapa sangka jika kebiasaan ini akan membawa perubahan yang nyata dalam hidup kita. Ada banyak manfaat yang dapat kita dapatkan dengan bangun pagi lebih awal seperti kita dapat menghirup udara pagi yang segar dan menjadikan kita lebih produktif, dapat menyelesaikan masalah atau pekerjaan dengan tepat waktu.

2.     Tidur



Seringkali begadang menjadi hal yang lumrah bagi sebagian orang, padahal begadang ini memiliki banyak dampak negatif. Sehingga kebiasaan yang harus mulai kamu coba adalah tidur yang cukup yaitu minimal 7-9  jam dalam sehari. Ada banyak manfaat yang akan kamu peroleh lho., seperi mudah berkosentrasi keesokan harinya, meningkatkan suasana hati, meningkatkan daya ingat, dan lain sebagainya.  

Mampir dulu yuk  Kamu Harus Tahu! 6 Manfaat Email dari Kampus (Email Edukasi)                                                     
                               

3.    Olahraga



Olahraga merupakan kebiasaan yang perlu kita latih mulai sekarang. Dengan berolahraga secara rutin akan membantu kita dalam menjaga kesehatan. Selain itu juga dapat membantu menjaga suasana hati agar tetap baik sehingga meningkatkan konsentrasi dalam beraktivitas.

Dalam seminggu kita dapat melakukan olahraga minimal 3 kali. Ada banyak olahraga yang dapat kita coba seperti zumba, aerobik, push up, lari pagi dan sebagainya. Kita juga tidak perlu khawatir terkait biaya karena ada banyak olahraga yang dapat dipilih tanpa harus mengeluarkan budget yang banyak.

4.     Membaca

Kebiasaan membaca buku merupakan salah satu hal yang harus dirutinitaskan. Ada pepatah yang mengatakan bahwa buku merupakan ‘jendela dunia’ memang benar adanya. Dari membaca buku inilah kita akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan yang tidak kita ketahui.

Setidaknya kita harus meluangkan waktu 15-30 menit dalam sehari untuk membaca. Kita dapat memulainya dengan membaca topik yang disukai dan cocok untuk diri sendiri sehingga nantinya membaca akan menjadi hal yang menyenangkan.

5.     Menulis Jurnal

     

Menulis dapat menjadi kegiatan healing dan salah satu cara untuk melepaskan emosi dalam pikiran. Kita dapat menuliskan apa saja mulai dari target, tujuan hidup, suasana hati maupun jurnal harian. Dengan menulis jurnal harian kita dapat mengetahui apa saja perjalanan hidup yang telah dilalui sehingga kita semakin mengenal diri sendiri. 

4 Jenis Orang Support System yang Seharusnya Ada Hidupmu

6.      Meditasi



Meditasi dapat membantu kita untuk berpikir tenang, jernih dan menurunkan tingkat stress. Meditasi ini dapat menjadi salah satu hal yang dapat kamu jadikan kebiasaan dalam  hidupmu.

7.    Kurangi Mengeluh, Perbanyak Bersyukur dan Berdo’a



Seringkali dari kita sebagai manusia dan makhluk sosial tidak terlepas dari yang namanya ‘mengeluh’atas apa yang terjadi dalam hidup kita. Baik dari masalah sosial, pendidikan, pekerjaan dan aktivitas sehari-hari lainnya. Terkadang kita sampai lupa bahwa apa yang menurut kita sulit dan besar merupakan hal kecil bagi orang lain karena pada kenyataan apa yang dialami oleh orang lain lebih sulit dari yang kita hadapi dan bayangkan.

Dari sinilah seharusnya rasa syukur kita lebih diperbanyak. Ganti keluhan dengan bersyukur. Agar mengeluh ini tidak menjadi kebiasaan karena dapat membuat kita berpikir negatif dengan situasi dan kondisi yang ada. Ubah hal negatif menjadi hal positif dengan perbanyak bersyukur atas apa yang terjadi dalam hidup kita. 

Berdo’a merupakan hal terpenting dalam hidup manusia. Oleh karena itu, jangan lelah untuk berdo’a kepada Tuhan YME. Dan yakinlah bahwa Tuhan akan selalu berada di sekitar hamba-Nya dan menolong hamba-Nya yang senantiasa berdo’a dan menggantungkan harapan kepada-Nya.


Nah, sekarang udah tau kan beberapa kebiasaan yang harus dilakukan  untuk merubah hidup menjadi lebih baik. Kita bisa mulai secara perlahan karena perubahan tidak ada yang instan. Selamat Mencoba Sobat Onebizz!


baca lagi Love yourself (self Love): Kalau bukan kita siapa lagi? #part1

Alive
Alive Alive, seorang yang ingin mengexplore banyak hal...

Posting Komentar untuk "7 Kebiasaan Yang Dapat Membuat Hidup Menjadi Lebih Baik"