Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Kenali 5 Ciri Orang Toxic (Toxic People)

sumber. pixabay

Halo sobat onebizz...

Gimana kabarnya nih? Semoga hal-hal baik selalu menyertaimu ya..

Orang Toxic atau Toxic People. Istilah ini pasti sudah tidak asing lagi terdengar di telingamu. Kira-kira toxic people itu apa sih? Toxic people sendiri adalah istilah yang diberikan untuk seseorang yang 'beracun' atau membawa pengaruh negatif dalam hidup kita. Bisa dibilang orang tersebut mempunyai karakter yang suka menyusahkan bahkan merugikan orang lain di sekitarnya, baik itu secara fisik maupun psikis.

Biasanya, kriteria orang toxic ini merupakan orang yang sulit merasakan kebahagiaan dan kurang bersyukur. Sehingga hidupnya selalu dibayangi oleh rasa ketidakpuaan, sering mengeluh, dan merasa resah. Hidup dalam lingkaran pertemanan maupun lingkungan yang penuh dengan orang toxic ini pasti akan menguras tenaga maupun emosi dalam diri kita. Dengan demikian, terkadang kita dapat mempertanyakan segala pilihan hidup kita, kurang merasa bahagia, dan dapat menurunkan rasa percaya diri kita. 

Sayangnya, tak semua orang menyadari jika sedang berada di lingkungan yang toxic maupun kehadiran si 'Toxic People' ini. Biasanya karakter orang ini memiliki sikap egois dan hanya ingin berteman untuk kepentingan pribadinya. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui ciri-ciri orang toxic.

Ciri-Ciri Toxic People

Berikut merupakan ringkasan ciri-ciri orang toxic yang onebizz rangkum dari berbagai sumber.

1.  Manipulatif

Sikap yang orang toxic miliki yang pertama adalah suka mengontrol da memanipulasi orang lain. Mereka mampu membuat orang melakukan apa yang mereka inginkan dan menggunakan berbagai cara untuk mencapai tujuan mereka.  Skap ini juga terkadang membuat kita seolah-olah berhutang banyak kepada mereka dan menyudutkan kita.

Sehingga mereka dapat menuntut kita untuk berbuat sesuai dengan kehendaknya. Selain itu juga, mereka dapat menyakiti kita secara tidak langsung dengan berbuat seolah-olah itu semua untuk kebaikan kita. Mereka juga tidak ragu untuk berbohong dan berkelit agar kebohongannya tidak terbongkar.

2. Tidak mau mengakui kesalahan dan meminta maaf

Ciri ke dua yaitu mereka sulit mengakui kesalahannya dan si toxic ini sulit meminta maaf. Memang meminta maaf merupakan hal sepele tetapi yang memiliki arti yang mendalam. Dengan meminta maaf permasalahan yang ada tidak akan bertambah besar. 

Nah...bagi orang toxic mungkin meminta maaf adalah hal tabu untuk dilakukan, mereka akan menganggap bahwa kesalahannya itu disebabkan oleh orang lain. Padahal, nyatanya merekalah yang salah.

3. Tidak berempati dan bersimpati

Empati dan simpati merupakan sebuah perasaan yang tidak dapat dipisahkan bagi makhluk sosial. Apalagi dalam sebuah hubungan pertemanan, sikap empati dan simpati ini menjadi unsur yang penting untuk dilakukan. Dengan begitu kita akan merasakan apa yang teman kita rasakan dan hubungan pertemanan yang kiita jalani akan semakin erat.

Namun, bagi si toxic people ini memiliki karakter yang enggan berempati dan bersimpati terhadap orang-orang disekitarnya. Contohnya, saat ada teman yang sedang memiliki masalah. Mereka akan menyalahkan atau menghakimi 'temannya itu', bukan malah menghibur atau mendukungnya. 

4. Tidak konsisten

Ciri yang menonjol untuk orang toxic adalah perkataan atau perbuatannya yang tidak konsisten.  Mereka tidak bisa menepati janji maupun menjaga komitmen yang mereka buat sendiri. Sikap ini lah yang membuatnya sulit untuk ditebak apa yang akan dilakukan di kemudian hari. Padahal, sikap konsisten ini diperlukan dalam suatu hubungan.

5. Hanya mau senangnya

Orang toxic kebanyakan hanya memanfaatkan hubungan pertemanan untuk mencapai tujuan pribadi dan bersikap egois. Mereka hanya mau berada di fase senangnya saja. Jika ada teman yang kesusahan mereka tidak akan ada atau sulit untuk menawarkan bantuan.
Terkadang mereka juga membantu, namun kebaikan yang diperbuat akan terus dibahas sehingga membuat orang yang dibantu merasa berhutang budi.

Di atas merupakan beberapa ciri orang toxic yang Onebizz rangkum, semoga dengan membaca artikel ini kamu semakin tahu dan bersikap waspada terhadap orang disekitarmu yang terindikasi menjadi toxic people. Sehingga nantinya kmu tidak terbawa pengaruh negatif dan membuat hidupmu lebih berharga dan berkualitas. 
Oh ya ada beberapa tambahan ciri orang toxic yang perllu diketahui seperti mereka selalu menciptakan drama, mudah meremehkan orang lain, memiliki sikap iri atas keberhasioan orang lain, membuat kita merasa bersalah, merasa dirinya yang paling hebat dan benar.

Semoga bermanfaat artikel kali ini... 
Jangan lupa share dan komen ya sobat...

Yuk baca juga : 4 Jenis Orang Support System yang Seharusnya Ada Hidupmu

 

             


Alive
Alive Alive, seorang yang ingin mengexplore banyak hal...

Posting Komentar untuk "Yuk Kenali 5 Ciri Orang Toxic (Toxic People)"