Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Meningkatkan Fokus Agar Lebih Produktif

sumbe : pixabay.com


Cara Meningkatkan Fokus- Artikel kali ini onebizz akan membahas tentang fokus. Pernah gak sih kamu merasakan ketika tugas menumpuk sedemikan banyaknya, notifikasi di handphone pun turut memanggil, eh ditambah lagi tubuh lelah dan pikiran sedang ruwet. 

Waduh berat banget rasanya kan? Apalagi ketika sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan ada saja hal-hal yang membuat kita ingin segera beralih, meninggalkan dan menundanya. 
Akibatnya, jadi sulit untuk fokus. Padahal, menjaga fokus ini salah satu hal penting yang harus kita kuasai loh agar lebih produktif. Kalau kita aja gak bisa menjaga fokus, kapan tugas atau pekerjaan kita akan selesai? 
Lalu, kenapa sih mengatur fokus ini penting? Pertama, agar kita berhasil dalam mencapai tujuan dan menunjukan performa yang baik. Kedua, fokus ini menjadi penentu keberhasilan atau kegagalanmu dalam mengerjakan sesuatu hal, baik tugas atau perlombaan. Hal apa aja sih yang bisa membuat kita sulit untuk fokus? 
  • Terdistraksi karena teknologi, contohnya notifikasi wa, istagram, atau sosmed lainnya. 
  • Ada beban emosi 
  • Stress
  • Pengaruh Obat 
  • Gangguan tidur
  • Istirahat yang Kurang, dll.
Banyak banget kan yang bisa membuat fokusmu terganggu atau sulit fokus. Ada yang bilang kalau fokus itu ibarat seperti otot apabila semakin dilatih maka akan semakin kuat. Dan rasanya hal itu bener loh.. 

Jika begitu, bagaimana sih caranya meningkatkan fokus?. Berikut merupakan beberapa tips yang bisa kamu coba agar kamu lebih fokus. Baca sampai akhir yah

 1. Menjaga pola tidur 

Untuk meningkatkan fokus menjaga pola tidur ini sangat penting. Apabila tidurmu cukup maka kamu tidak akan mudah mengantuk saat belajar atau bekerja.
Paling tidak dalam sehari tidurlah 7-8 jam. Kurangi begadang karna hal itu akan lebih membuatmu sulit untuk fokus. 

2. Mengelola beban emosional 

Hal ini penting karena apabila dalam keadaan emosi yang memuncak kamu akan lebih sulit untuk fokus. 
So, untuk meningkatkan fokus kamu juga harus belajar untuk mengelola emosimu. 

3. Mengatur atau membuat skala prioritas

Dengan membuat skala prioritas kamu jadi tahu hal-hal apa saja yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Sehingga nantinya kamu akan lebih fokus pada hal yang mrmjadi prioritas pertamamu. 

4. Janganlah multitasking 

Mengerjakan suatu pekerjaan dengan cara multitasking lebih banyak membuatmu kehilangan fokus. Karena dengan memecah perhatian fokus kita tidak hanya pada satu hal saja tetapi pada banyak hal secara bersamaan. Memecah perhatian juga akan membuatmu kesulitan untuk produktif. 
Oleh karena itu, poin ini masih berkaitan erat dengan poin membuat skala prioritas sehingga kegiatanmu akan lebih tersusun dan terjadwal. 

5. Mengurangi Distraksi 

Untuk mengurangi distraksi kamu perlu mengetahui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang mengganggu fokusmu. Distraksi ini bisa berasal dari faktor internal maupun eksternal. Contoh distraksi internal seperti pikiran dan emosi. Sedangkan contoh distraksi eksternal seperti notifikasi pada ponsel, dll. Dengan mengurangi distraksi yang ada disekitarmu ini akan meningkatkan fokusmu.  

6. Beristirahatlah secukupnya 

Cara terakhir untuk meningkatkan fokus adalah dengan beristirahat secukupnya. Ketika sedang mengerjakan tugas dan mulai kehilangan fokusmu maka ambilah jeda sejenak dari pekerjaan agar dapat kembali fokus.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya untuk meningkatkan fokus. Selamat mencoba!! Semoga artikel ini bermanfaat untukmu 


Alive
Alive Alive, seorang yang ingin mengexplore banyak hal...

Posting Komentar untuk "6 Cara Meningkatkan Fokus Agar Lebih Produktif"